CIMB Niaga Fokus Kredit Konsumer dan UKM-JPNN.com

JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga terus berupaya melakukan ekspansi kredit.

Salah satunya dengan melakukan penawaran umum obligasi berkelanjutan (PUB) II tahap I minimal Rp 1 triliun dan maksimal Rp 2,5 triliun

’’Nanti seluruh dana yang diperoleh digunakan untuk mendanai ekspansi kredit. Terutama dalam dua sektor utama, yakni kredit konsumer dan kredit UMKM,’’ ujar Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan Senin (3/10).

Tigor melanjutkan, perseroan menargetkan pertumbuhan kredit pada segmen konsumer lebih besar jika dibandingkan dengan segmen lain seperti korporasi dan komersial.

Dia memerinci, portofolio bisnis konsumer berkontribusi hingga 50 persen terhadap total bisnis perseroan.

Hingga semester pertama tahun ini, penyaluran kredit konsumer mencapai Rp 50 triliun. Sementara itu, Rp 35 triliun mengalir ke kredit UMKM.

’’Tahun depan portofolio kredit konsumer diharapkan naik menjadi 55 persen,’’ imbuhnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan kredit sepanjang tahun ini diprediksi belum terlalu kencang.

Hal itu juga sejalan dengan tren penyaluran kredit secara industri yang hingga kini melambat.

BI memperkirakan kredit secara industri masih slow down.

”Perbankan memang follow the industry. Kalau secara industri memang masih lambat, apa pun strategi yang dilakukan untuk boost kredit belum sekencang sebelumnya. Sejauh ini proyeksi kami single-digit. Kredit tumbuh delapan persen,’’ ujarnya.

Obligasi tahap pertama terbagi dalam tiga seri. Seri A bertenor 370 hari dengan kupon 6,5–7,2 persen.

Seri B bertenor tiga tahun dengan kupon 7,25–8 persen.

Sedangkan seri C bertenor lima tahun dengan kupon 7,6–8,35 persen.

’’Strategi yang diterapkan perseroan memberikan hasil yang lebih baik sebagaimana terlihat dari kinerja hingga paro pertama tahun ini yang cukup baik,’’ katanya. (dee/c16/sof/jos/jpnn)



from JPNN.COM http://bit.ly/2duotdC
via IFTTT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel